Tips Irit Isi Bensin

Hehhee.. Tadi lagi iseng nyari artikel gimana caranya biar bensin irit, Soalnya sebel kemarin baru ngisi 10.000 eh tadi pagi udah tiris aja. aku pakai mio soul, emang sich katanya boros, nah maka dr itu aku pengen tau caranya gimana sich biar hemat. Berikut tips yang aku dapet :

1. ISI BENSIN DI PAGI HARI
saat suhu permukaan tanah masih dingin.
Setiap pom bensin menyimpan bensinnya di ruang penyimpanan
di bawah tanah. Semakin dingin suhunya, maka bensin akan semakin padat,
sedangkan saat suhu menghangat, bensin akan akan memuai

Maka, kalo kita isi bensin di sore atau malam (saat suhu tanah masih panas)
, bensin akan memuai, artinya VOLUME yang terbaca oleh meteran
akan menjadi lebih besar dari VOLUME sebenernya.

Dalam bisnis BBM ini, penambahan suhu 1 derajat besar bedanya.
Tapi semua pom bensin (service station) nggak punya alat untuk
mengkompensasikan perbedaan ini untuk konsumen.

2. SAAT MENGISI BENSIN, JANGAN MENGATUR BUKAAN NOZZLE jadi FAST MODE
*ini mostly karena di sana kita ngisi bensin sendiri alias self-service.
Tapi bisa kita coba di sini ngasi tau ke tukang ngisinya supaya setting
ke slow mode (bisa nggak ya?).

The trigger punya 3 level: low, medium, high. Di slow mode, kita
memasukkan bensin secara perlahan, dan akibatnya adalah meminimalisasi
terciptanya vapor (uap) dari bensin tsb.

Semua selang di pom bensin punya vapor return (artinya kira2: jalan
kembali bagi uap bensin). Kalau kita setting ke FAST mode, maka sebagian
dari bensin (yang berbentuk cair) akan berubah menjadi vapor (uap) dan
akan tersedot balik ke tangki penyimpanan, jadinya bensin yang masuk ke
mobil/motor kita lebih sedikit dari yang tertera di meteran.

Trus kalo di SLOW mode nggak sempet berubah menjadi uap? mungkin gitu.
Atau paling nggak lebih lambat berubah jadi uap. Mungkin lho.

3. ISI BENSIN SAAT TANGKI MASIH BERISI SETENGAH (Half-Full)
Karena semakin banyak tangki bensin kita berisi bensin, semakin sedikit udara
yang ada di sana. Petrol (bensin) menguap jauh lebih cepat dari yang
kamu bayangkan. Tangki penyimpan bensin punya atap yang mengapung di
dalamnya (internal floating roof), yang berfungsi sebagai pemisah antara
bensin dan udara di dalam tangki.

Trus hubungannya sama hemat bensin apa ya?
mungkin gini:
kalo di Pom bensin, mereka punya internal floating roof, jadi mereka
nggak akan mengalami pengurangan bensin karena menguap, sedangkan di
mobil/motor kita nggak ada, jadi harus kita atur sendiri.

4. SAAT POM BENSIN SEDANG DIISI ( ADA TRUK PENGISI)
jangan mengisi bensin.
Kemungkinan besar isi bensin di ruang penyimpanan (storage tank) sedang
teraduk sehingga kotoran (yang biasanya ada di dasar) akan terangkat dan
bisa terbawa masuk ke tangki bensin mobil/motor kita.

sumber : milis mio

1 Response so far »

  1. 1

    inreea said,

    bener buangettt, u dulu dah yg nyoba :p


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: